06 April 2009

Uskup Kherubim: Gunakan Hak Pilih dengan Baik

Penyelenggara Perlu Kerja Sesuai Aturan

Oleh Syarif Lamabelawa

MAUMERE -- Uskup Maumere, Mgr Gerulfus Kherubim Pareira SVD mengimbau semua umat Kristen dan umat beriman lainnya untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik pada pemilihan umum legislatif, Kamis 9 April 2009.

Hal ini dikemukakan Vikaris Jenderal Keuskupan Maumere Rm Frans Fao Pr dalam rapat bersama antara Komisi Independen Daerah (Kominda) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di ruang kerja Wakil Bupati Sikka, Kamis (2/4).

Uskup, demikian Fao, juga berpesan agar para penyelenggara pemilu dapat bekerja sesuai aturan hukum dan tidak lupa untuk selalu berdoa, baik sebelum dan sesudah melaksanakan tugas.

“Uskup Maumere sangat mengharapkan agar semua pihak di Kabupaten Sikka bergandengan tangan menyukseskan penyelenggaraan pemilu. Sehingga pelaksanaan pemilu dapat berlangsung dengan baik dan damai sesuai seperti yang diharapkan bersama,” ujarnya.

Romo Frans menambahkan, imbauan Uskup Maumere ini juga akan diumumkan para pastor di wilayah Keuskupan Maumere pada setiap kesempatan kegiatan keagamaan, terutama pada kegiatan keagamaan menjelang pelaksanaan pemilihan umum.
Selaku Koordinator Forum Kerukunan Umat Beragama, Romo Frans juga mengharapkan agar aparatur pemerintah, TNI, Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat memberikan pemahaman dan pendidikan secara baik kepada masyarakat perihal penggunaan hak pilih itu.

Wakil Bupati Sikka Wera Damianus dalam arahannya juga mengharapkan agar semua pihak yang berperan dalam pelaksanaan pemilihan umum bekerja sesuai dengan aturan hukum yang ada serta memiliki sikap cepat tanggap terhadap berbagai persoalan yang dihadapi selama proses pemilu berlangsung.

Kepada petugas KPU dan Panwaslu baik yang ada di tingkat kabupaten kecamatan dan desa, Damianus berharap untuk bekerja sesuai aturan hukum yang berlaku. Para petugas juga supaya bekerja secara tegas, lugas, tepat dan benar demi menyukseskan pesta demokrasi yang adil dan aman.

Rapat antara Kominda dan FKUB ini dihadiri Muspida, Ketua KPU Kabupaten Sikka Albertus Ben Bao, Ketua Panwaslu Kabupaten Sikka Alfons Gaudensius Sero, Kasat Intel Polres Sikka AKP Riwu Lambertus, tokoh agama dan tokoh masyarakat.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar