29 Maret 2009

TransNusa Terbang Empat Kali Seminggu

Oleh Hubert Uman

BAJAWA -- Sejak Selasa (17/3) lalu, penerbangan pesawat TransNusa dari Bandara Turelelo Soa ke Kupang kembali normal. Empat kali seminggu. Bahkan penerbangan dari Surabaya-Jakarta setiap hari Selasa dan Sabtu pesawat TransNusa connect dengan Mandala. Dan penerbangan hari Kamis dan Minggu, penerbangan Soa-Kupang connect dengan Mandala Surabaya-Jakarta.

“Selama ini jadwal penerbangan masih normal. Hanya skedul tidak jalan akibat cuaca dan sepinya penumpang. Sekarang sudah penerbangan kembali seperti biasa,” kata Agen TransNusa Bajawa Jemmy Wongge, Jumat (27/3) di Bajawa.

Agar pesawat TransNusa tetap terbang dari dan ke Soa-Bajawa, kata Jemmy Wongge, perlu ada dukungan Pemda dan masyarakat Ngada. Aparatur Pemda yang ke Kupang atau ke Surabaya dan Jakarta harus menggunakan pesawat TransNusa.

Menurut dia, tarif penumpang Bajawa-Kupang-Jakarta paling tinggi Rp1,5 juta. Bajawa-Kupang-Surabaya paling tinggi Rp1,3 juta. Harga tiket bisa lebih murah apabila pembelian tiket dilakukan seminggu sebelumnya. Pembelian dengan perencanaan. Tiket Bajawa-Kupang berkisar Rp590.000 hingga Rp689.000. Juga apabila pembelian perencanaan, pembelian dilakukan seminggu sebelumnya harga tiket lebih murah.

Menyinggung proposal yang diajukan PT TransNusa ke Pemda Ngada, kata dia, belum ada jawaban dari Pemda dan masih menunggu pembahasan APBD.

Kepala Bagian Ekonomi Setda Ngada Frans Sola mengatakan, proposal yang diajukan oleh PT TransNusa sudah dibahas. Hasil rapat awal tim investasi Pemda Ngada yang terdiri dari instansi terkait, termasuk Bappeda Ngada, prinsipnya tidak berkeberatan.

“Hanya Pemda tentu tidak memutuskan sendiri. Proposal kerja sama dati TransNusa ini akan dibahas lagi di DPRD Ngada. Nanti dibahas pada sidang perubahan anggaran,” kata Frans Sola, Jumat (27/3) di ruang kerjanya.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar