02 April 2009

PT Sumber Jaya Asia Tetap Operasi

Eksploitasi Mangan di Reo Abaikan Bupati

Oleh Paul J Bataona

RUTENG -- PT Sumber Jaya Asia yang mengeksploitasi mangan di kawasan hutan Soga RTK 103 Kecamatan Reo masih tetap melakukan operasi seperti biasa, padahal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai sudah mencabut surat izin operasi tambang mangan tersebut.

Seperti disaksikan Flores Pos di lokasi tambang di RTK 103 Soga II sebanyak delapan kendaraan escavator sedang menggusur dan mengangkut material ke truk untuk dibawa ke lokasi pengolahan tambang. Truk dengan tonase besar hilir mudik mengangkut material. Sementara belasan pekerja yang terdiri dari ibu-ibu dan para lelaki terus bekerja membersihkan kelikir di antara material tambang. Selain itu alat bor sedang operasi untuk melancarkan proses peledakan.

Dari fakta lapangan dapat dilihat bahwa kondisi lingkungan praktis babak-belur, rusak parah dan sangat memprihatinkan. Galian tambang dari permukaan tanah sudah mencapai puluhan meter. Bukit tinggi menjulang yang sebelumnya dipadati berbagai macam jenis tanaman pohon kecil dan besar itu kini sudah kosong melompong. Yang ada hanya material bangunan dan struktur tebing bekas galian mengitari bukit tersebut yang sengaja digali untuk membentuk jalur lalulintas kendaraan.
Tidak hanya itu, bekas galian material tambang juga membelah bukit serta membentuk gua. Kendaraan tangki siram di setiap lintasan jalan keluar masuk kendaraan angkut material tambang.

Pada tempat lainnya di lokasi pengolahan beberapa ibu-ibu juga sedang melakukan kegiatan. Mereka tekun memilah bahan baku mangan.

Aloysius Onggur (26) dan Hendrikus Alimudin (30), selaku ketua kelompok pekerja yang ditemui wartawan di lokasi, Rabu (1/4) mengatakan, sudah tahu adanya larangan kegiatan di lokasi itu. Namun karyawan tetap bekerja sesuai aturan perusahaan. Dia bilang, jika perusahaan tutup, ada 70-an warga yang menggantungkan hidup sebagai buruh tambang akan kehilangan pekerjaan.

Menurut Onggur, upah harian yang diberikan perusahaan yakni Rp29.500,00 per hari bagi pekerja laki dan Rp27.500,00 bagi wanita.

Secara terpisah kuasa perwakilan PT Sumber Jaya Asia di Reok, Libert Magung, yang ditemui wartawan enggan memberi keterangan. Sebab seluruh keterangan pers dan publik sudah menjadi tanggungjawab penasihat hukum perusahaan, Torozatulo Mendrofa.

Wakl Bupati Deno Kamelus mengatakan, mestinya sejak Pemkab Manggarai mengeluarkan larangan, tidak ada lagi aktivitas di lokasi tambang. Apabila tetap ada ,maka itu kategori pelanggaran hukum karena it sangat diharapkan instansi terkait segera melakukan langkah hukum. “Mestinya tidak ada kegiatan lagi,” katanya.

1 komentar:

  1. PT.ANUGRAH LUAS JAYA

    Agen Insurancee – Bank Guarantee – Surety Bond
    Nama : MELYAN SONATA
    Hp : 0857_3636_6719
    Kntr : (021) 42888259 - 42888256
    Email : pt.MJS99@gmail.com / melyansonata@gmail.com

    MENAWARKAN :

    v Pinjaman “Kredit Modal Kerja” (KMK)
    v SP2D, Jaminan Pembayaran Akhir Tahun

    Untuk Kebutuhan Proyek

    1. Jaminan Penawaran (Bid Bond/Tender Bond)
    2. Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond)
    3. Jaminan Uang Muka (Advance Payment bond)
    4. Jaminan Pemeliharaan (Maintenan Bond)
    5. SP2D, Jaminan Pembayaran Akhir Tahun
    6. Jaminan Penundaan Pembayaran Bea Masuk (Custom Bond) dan Jaminan Lainnya

    Beberapa Jenis Asuransi Kerugian Umum :

    1. Asuransi Pengangkutan
    2. Asuransi Pengangkutan Barang (Cargo Insurance)
    3. Angkutan Melalui Laut (Marine Cargo)
    4. Angkutan Melalui Darat (Land Cargo)
    5. Angkutan Melalui Udara ( Air Cargo)
    6. Asuransi Rangka Kapal (Marine Hull)
    7. Asuransi Pesawat Terbang (Avition)
    8. Asuransi Rekayasa Teknik (Engineering)
    9. Asuransi Kendaraan (Vehicle Insurance) Asuransi Kebakaran ( Fire Insurance )
    Dan Jaminan Asuransi Lainnya.
    Adapun sebagai Bahan Pertimbangan Bapak/Ibu berikut ini Saya Lampirkan Proposal Penawaran Penerbitan Jaminan Bank Garansi dan Asuransi Tanpa Agunan / Tanpa Pembekuan Dana (Non Collateral). Atas Perhatian dan Kerja samanya Saya Ucapkan Terimaksih.
    PT.ANUGRAH LUAS JAYA​​
    Office

    BalasHapus