25 Mei 2009

Dua Anak Menderita Demam Berdarah

Saat Ini Sedang Dirawat RSUD Maumere

Oleh Wall Abulat

MAUMERE (FP) - Sepekan terakhir petugas Ruang Anak RSUD Maumere merawat dua penderita demam berdarah dengue (DBD): Tesa (9 tahun) dan Har (3 bulan). Trombosit keduanya turun drastis.

Disaksikan Flores Pos, Sabtu (23/5) kedua pasien ini terbaring lemah. Botol infus dipasang pada kedua lengan. Kondisi bayi Har jauh lebih lemah dari Tesa. Ia sering menangis. Keduanya didampingi orang tua masing-masing.

Dokter Mario B. Nara kepada Flores Pos usai melakukan visitasi pasien menjelaskan kedua pasien mengalami penurunan trombosit yang sangat drastis di bawah 100 ribu. “Idealnya trombosit di atas 150 ribu,” kata Mario.

Dari pemeriksaan medis, katanya, diketahui pasien Tesa masuk kategori demam berdarah stadium III, sedangkan Har masuk kategori DBD stadium II.

Mario berjanji berusaha maksimal memberikan perawatan agar kondisi keduanya kembali normal.

Data Flores Pos di ruang anak RSUD Maumere, Sabtu (23/5) menyebutkan selama periode Januari-23 Mei 2009 saja, tercatat 125 balita dan anak-anak menderita DBD, dan tiga di antaranya meninggal dunia. Rinciannya: Januari terdapat 42 kasus DBD, Februari (27), Maret (17), April (28), dan 1-23 Mei 2009 terdapat 10 kasus.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Iskak Latiantoro yang dihubungi terpisah menjelaskan petugas sudah dan sedang mengintensifkan pengasapan/fogging di semua lokasi yang positif DBD. Pengasapan dilakukan dalam radius antara 100-200 meter dari lokasi pasien berdomisili. “Petugas sudah gencar lakukan pengasapan,” katanya.

Selain pengasapan, Dinas Kesehatan telah mendrop abate ke setiap puskesmas. Selanjutnya abate akan diberikan/dibagikan kepada warga yang membutuhkannya. “Stok abate di setiap puskesmas masih ada,” katanya.

DBD disebabkan infeksi virus dengue. Penularan virus ini diperantarai dua jenis nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Kedua nyamuk ini mengisap virus dengue dari seorang penderita dan menularkannya kepada orang yang sehat melalui seorang penderita. Melalui gigitan kedua nyamuk ini, virus dengue masuk ke tubuh manusia yang kemudian berkembang biak dan menginfeksi manusia.*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar