22 Februari 2009

11 Ribu Lebih Turis Akan Mendarat di TNK

Oleh Andre Durung

LABUAN BAJO -- Sekitar 11.446 turis dari berbagai negara akan mendarat di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) Manggarai Barat (Mabar). Rencananya mereka menggunakan 21kapal pesiar.

Demikian Humas PT Putri Naga Komodo (PNK) Labuan Bajo, Marius Sardin di Labuan Bajo, Jumat (20/2). Dikatakan, dari 11.446 pelancong cruise yang berkeinginan mengunjungi TNK, 779 orang diantaranya hampir pasti tiba 24-25 Februari.

Dikatakan, khusus 779 pelancong group yang bakal segera tiba menggunakan 2 cruise. Tanggal 24 Februari MV Europe dengan penumpang sekitar 329 orang dan MV Rotterdam’s yang mendarat 25 Februari jumlah wisatawannya lebih kurang 450 orang. Mereka hanya turun sebentar di TNK untuk lancong, dan pada hari yang sama balik ke kapal guna meneruskan pelayaran ke tempat wisata lain di Indonesia. Sedangkan ribuan turis lain yang masuk kelompok cruise 21 dimaksud, tanggal serta bulan tiba di TNK belum diketahui pasti, PNK belum dapat laporan final para agennya.

“Kami sekarang lagi sibuk persiapkan diri ke lapangan terkait kedatangan sekitar 779 turis itu, melibatkan banyak pihak di Mabar. Bukan cuma PNK semata,” kata Marius.

Demi kemajuan pariwisata Mabar, katanya, kini tinggal menunggu kreatif masyarakat setempat yang bergerak di bidang pariwisata. Mereka mesti pandai dan pintar menawarkan paket-paket wisata Mabar via agen-agen wisata di Bali. Jika tidak, Mabar akan kalah saing dengan daerah wisata lain di antaranya Lombok-NTB, Toraja-Sulawesi, selain Bali.

Kepala Tata Usaha (KTU) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Paribud) Mabar Lambertus Fernandes di Labuan Bajo, Jumat (20/2) mengaku belum mendapat laporan dari Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) selaku pihak otorita pengelolaan TNK yang bermitra dengan PT PNK tentang kedatangan cruise dimaksud.

“Cruise itu kan bawa turis. Biasanya kami hanya dapat laporan total kunjungan turisnya saja dari TNK selama ini, cruise urusan mereka. Sebaiknya tanya BTNK atau lebih bagus lagi langsung ke PNK karena mereka yang tangani itu,” katanya.

KTU BTNK, Heru Rudiarto mengatakan, kabar kedatangan 2 cuise ke TNK pada 24-25 Februari memang benar. Namun nama kapal dan jumlah wisatawannya belum tahu. Kasi Pengelolaan BTNK Wilayah Dua Loh Liang-Pulau Komodo Vinsen Latif dan stafnya Yusuf Zenatan Hamza juga senada dengan Rudiarto. *


Tidak ada komentar:

Posting Komentar