27 Maret 2009

Suster-Suster CIJ Buka Tahun Yubileum

*Songsong 75 Tahun Kongregasi Ini

Oleh Hieronimus Bokilia

ENDE -- Suster-suster dari Kongregasi CIJ membuka perayaan tahun yubileum 75 tahun berdirinya serikat tersebut. Para suster telah menetapkan 25 Mare 2009 hingga 25 Maret 2010 sebagai tahun Yubileum.

Sebuah perayaan ekaristi dipimpin Vikaris Episkopus (Vikep) Ende Romo Ambros Nanga Pr berlangsung di rumah induk CIJ di Jopu. Selama setahun ini para suster akan menggelar kegiatan bernuansa kasih baik secara internal maupun eksternal yang melibatkan umat.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi Pastoral CIJ Suster Elyna CIJ didampingi Suster Martini, CIJ di Susteran CIJ Potu, Kamis (26/3). Sr Elyna mengatakan, pembukaan tahun Yubileum diawali dengan novena sembilan hari berturut-turut dan diikuti misa pembukaan pada Selasa (25/3) lalu yang dilaksanakan di rumah induk CIJ di Potu. Perayaan misa pembukaan Yubileum ini, kata Sr. Elyna dipimpin oleh Romo Ambros Nanga Pr. Usai misa dilanjutkan dengan adorasi selama lebih kurang satu jam untuk minta bekat dari rumah induk.

Selain diawali dengan novena, kata Sr Elyna, pada Senin (24/3) juga dilakukan ziarah ke makam para suster yang telah meninggal di Jopu.

Perayaan tahun Yubileum ini difokuskan pada pertobatan, perdamaian dan persaudaraan sejalan dengan makna Yubileum itu sendiri.

Kegiatan-kegiatan yang akan digelar, katanya, pendalaman rohani para anggota serikat yang diisi dengan retret dan pendampingan, pembinaan rohani bersama umat dalam bentuk katekese umt dewasa dan remaja dan Sekami. Serikat juga kaan menggelar pengobatan murah, yang akan dilaksanakan bersama Dinas Kesehatan dan para dokter. Tenaga perawat disiapkan CIJ.

Kegiatan lain terkait pelayanan masyarakat adalah pelaksanaan kursus menjahit bagi remaja putri dan perempuan putus sekolah. Setiap paroki bisa menyiapkan dua orang agar iktu serta dalam kursu selama tiga bulan itu.

“Kita berharap, dengan mengikuti kursus menjahit ini remaja putri dapat berbuat sesuatu untuk dirinya dan teman-teman dekatnya.”

Para suster juga akan menggelar kegiatan aksi panggilan bagi para remaja.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar