07 April 2009

Empat Jenis Makanan Tidak Disajikan

Rekomendasi Labkesling

Oleh Yusvina Nona

ENDE -- Menghindari kejadian yang tidak diinginkan, Laboratorium Kesehatan Lingkungan (Labkesling) Kabupaten Ende memeriksa 52 jenis makanan yang akan disajikan pada acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Ende periode 2009-2014, Selasa (7/4).

Petugas Labkesling merekomendasikan empat jenis makanan yang tidak boleh disajikan kepada tamu yakni ikan goreng bumbu, rolade (bahan dasar telur), ikan santan, dan daging ayam goreng. Ada 2.000 buah lempar tidak boleh disajikan.

“Kita langsung uji di tempat. Dari tempat pengolahan yakni rumah jabatan bupati hingga berlanjut ke ruang penyajian yakni di ruang rapat gabungan komisi. 30 menit sebelum makanan disantap, kita akan lakukan pengujian lagi. Makanan yang direkomendasikan layak untuk dikonsumsi kita beri label. Untuk kue lempar, kita sita 2.000 buah karena tidak layak dikonsumsi. Selain basi, juga sudah berlendir,” kata Kepala UPTD Labkesling Dinkes Ende, Petrus H. Djata usai pengujian.

Pengujian dilakukan dalam 3 tahap yakni pengujian organoleptik terkait bau, rasa dan warna, pengujian bakteriologis terkait tingkat kebersihan dan pengujian sampling yaitu pengujian kimia lanjutan di laboratorium kesehatan lingkungan.

Untuk pengujian sampling ini, urainya, ada 5 sampel makanan yang dibawa ke labkesling. Antara lain singkong karena mengandung tingkat keracunan tinggi, ikan goreng, ikan kuah santan dan daging ayam. Uji sampling ini, katanya, untuk mengetahui campuran bumbu-bumbu atau bahan-bahan yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. “Untuk 5 sampel makanan yang kita mau uji di lab ini, juga kita rekomendasikan untuk tidak dihidangkan,”katanya.

Petrus menyebutkan, ikan goreng bumbu rusak secara fisik, rolade dan daging ayam goreng dalam kondisi dingin, ikan santan memiliki larutan santan sangat tinggi.

Secara terpisah Koordinator Seksi Konsumsi, Maria Imaculata Dete mengatakan, setelah pihaknya mendapat rekomendasi dari pihak labkesling, kami langsung mengamankannya di dapur umum di rumah jabatan. Otomatis makanan tersebut tidak digunakan,” katanya.
Namun dari 4 jenis yang direkomendasikan, dua jenis yakni rolade dan daging ayam goreng dihidangkan setelah dipanaskan. Usai dipanaskan, diuji lagi dan diberi label layak dikonsumsi.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar