17 April 2009

Besok, 40 Frater Ditahbiskan Jadi Diakon

Oleh Wall Abulat

MAUMERE -- Sebanyak 40 frater asal Seminari Tinggi Ritapret, Seminari Tinggi Ledalero, dan Biara Karmel, Minggu (19/4) akan ditahbiskan menjadi diakon pada dua tempat yang berbeda.

Sebanyak 18 orang calon diakon asal Ritapiret akan ditahbiskan di Aula Ritapiret oleh Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, Pr. Sedangkan 18 fratres SVD dan 4 fratres Karmel akan ditahbiskan di Gereja Katedral Santo Yoseph Maumere oleh Uskup Maumere, Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVD.

Fratres Ritapiret yang akan ditahbiskan jadi diakon: Aleksius Luna, Fransiskus Sare, Kristianus Soni Igar, Hironimus Jawa, Kornelis Hardin, Marselus Hasan, Petrus Eventinus Tengko, Heribertus Ratu, Benediktus Gaguk, Marianus Wilibaldus Guru, Davidson Epifanio L. Remi, Yulianus Petrus Baleng, Agustinus Hanny Wadhi, Albertus Ninung, Feliksianus S. Nara, Lukas Lile Masan, Antonius S. Aran, dan Hean Atasoge.
Sementara 18 fratres Societas Verbi Divini (SVD) yang akan ditahbiskan: Agustinus Supandi Joram, Antonius Padua Ebo Resi, Bonifasius Boli, Fransiskus Hungan, Gabriel do Rosari Muki, Hendrikus Berni Hardus, Ignatius K. Basa, Kampianus Tagul, Krispinus Bidi, Laurensius Lelo Bau, Manuel Pinto, Marius Yasintus T. Bere, Simon Petrus Koten, Stefanus Dampur, Vitus Kango, Yohanes Rere Jawan, Yoakim Leu, dan Arifintus Ninmusu.

Sedangkan 4 fratres Karmel yang akan ditahbiskan: Paskalis Patut, O.Carm, Konradus Bata Laki, O.Carm, Severinus Nuwa, O.Carm, dan Yanto Yohanes Ndona, O.Carm.
Salah seorang frater yang siap ditahbiskan, Paskalis Patut, O.Carm kepada Flores Pos di Maumere, Jumat (17/4) menjelaskan sebelum ditahbiskan para calon diakon sudah mengikuti retret selama empat hari, sejak Senin pekan ini.

Fratres Ritapiret dan Karmel mengikuti retret di Wisma Elia Mageria. Materi retret diberikan Romo Albinus Rupa, Pr. Sementara fratres SVD mengukiti retret di Hokeng yang dibawakan Pater Simeon B. Muda, SVD.

Pantauan Flores Pos, dalam dua hari terakhir panitia tahbisan telah menyiapkan pelbagai kemasan acara liturgis dan acara syukuran lainnya atas peristiwa berahmat itu. Koor untuk misa tahbisan telah disiapkan oleh koor gabungan para frater dan umat. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar