17 April 2009

Mei, Semua Proyek Selesai Dikontrakan

Oleh Hubert Uman

BAJAWA -- Kalau tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan proyek tidak tepat waktu karena alasan tender terlambat. Mulai tahun ini, tender terlambat tidak bisa lagi menjadi alasan bagi kontraktor mengerjakan proyek tidak tepat waktu. Sebab pelelangan proyek tahun ini cepat. Paling lambat Mei, semua kontrak sudah ditandatangani.

“Jangan tunggu-tunggu lagi. Harap segera melakukan kegiatan. Cepat mobilisasi semua peralatan ke lapangan. Cepat kerja. Mumpung waktu masih panjang,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Modo Yohanes usai menandatangai kontrak 12 paket proyek peningkatan jalan, Selasa (7/4) di kantor Dinas PU. Hadir juga pada kesempatan itu Kepala Bidang Bina Marga Johny Radho, Ketua Panitia Charles Wago, dan sejumlah stad Dinas PU.

Apabila sudah di lapangan, kata Modo Yohanes dalam pengarahannya, jangan lupa melapor diri ke pemerintah setempat, dalam hal ini kepala desa dan camat. Proyek yang dikerjakan harus sepengetahuan pemerintah.

Ketua Panitia Charles Wago menjelaskan kepada Flores Pos, dari 53 ruas jalan yang ditingkatkan tahun 2009, ada 12 ruas yang kontraknya sudah tandatangan dan SPMK sudah keluar. Sisanya paling lambat pertengahan Mei sudak kontrak.

Ke-12 proyek peningkatan yang sudah dikontrakan, ruas jalan Mangulewa-Jerebuu senilai Rp1,8 miliar dikerjakan oleh PT Kencana Sakti Nusantara, ruas Ranamoe-Teni senilai Rp1,4 miliar oleh PT Yokes Sarana Darma, dalam kota Bajawa senilai Rp1,5 miliar oleh PT Kencana Sakti Nusantara, Mataloko-Were senilai Rp1,9 miliar oleh PT Flopino Raya Bersatu, Bajawa-Ekoheto senilai 1,1 miliar oleh PT Kencana Sakti Nusantara, Maronggela-Ria senilai Rp253 juta oleh CV Menara Sari, Masu-Loa dan Masu-Malapare senilai Rp2,3 miliar oleh PT Flopino Raya Bersatu, Sarasedu-Laja senilai Rp1,1 miliar oleh PT Dewi Sri Jaya, Tanalain-Maronggela senilai Rp3,4 miliar oleh PT Sinar 99 Permai, Watujaji-Bena senilai Rp1,3 miliar oleh PT Kencana Sakti Nusantara, Ndekunedenu-Ramba senilai Rp2,9 miliar oleh PT Kencana Sakti Nusantara, dan ruas Malanuza-zepe senilai 1,1 miliar oleh PT Buana Angkasa Raya.

Menurut Charles Wago, sesuai kontrak, masa kerja 12 proyek ini selama 180 hari kalender. Mengingat tahun mutu sudah dicanangkan oleh Pemda Ngada sejak tahun lalu, maka diharapkan agar rekanan menggunakan waktu ini sebaik-baiknya. Tidak ada alasan lagi pelaksanaan proyek terlambat.

Juga proyek peningkatan jalan, kata Charles, ada 12 paket yang sudah memasukkan dokumen. Selasa (14/4) dilakukan klarifikasi dokumen. Ada 27 paket diumumkan setelah paska, sehingga Mei semua paket proyek peningkatan jalan sudah dikontrakkan.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar