17 April 2009

Partai Demokrat Ungguli Partai Golkar

Rekapitulasi di Kecamatan Bajawa

Oleh Hubert Uman

BAJAWA -- Hasil rekapitulasi perolehan suara di enam kelurahan/desa di Kecamatan Bajawa (Kelurahan Tanalodu, Ngedukelu, Kisanata, Bajawa, Lebijaga dan desa Ubedolumolo), perolehan suara Partai Demokrat mengungguli Partai Golkar. Perolehan suara Partai Demokrat 821, sementara Partai Golkar hanya 492. Disusul PKB 488 suara, PDS 467 suara, PKPI 465 suara, PDI Perjuangan 404 suara, PIB 392 suara, Barnas 260 suara dan Patriot 112 suara.

“Hingga kemarin (Rabu, 15/4), rekapitulasi perolehan suara pemilu legislatif di Kecamatan Bajawa baru enam kelurahan dan desa. Masih ada 11 desa yang belum direkapitulasi. Jadwal rekapitulasi di PPK hingga Jumat. Untuk Kecamatan Bajawa dan Golewa sedikit molor dari jadwal karena jumlah desa dan kelurahannya banyak,” kata Hendrika M. Djawa, Kamis (16/4) di kantor KPUD Ngada.

Menurut Hendrika, rekapitulasi hasil pemilu legislatif kali ini cukup membutuhkan waktu yang lama. Sejauh ini belum ditemukan masalah. Hanya ada perbedaan data antara saksi dan KPPS, sehingga surat suara dibuka ulang. Itu terjadi di beberapa TPS saja.
KPU Ngada, katanya, mempleno hasil pemilu legislatif tidak menunggu semua hasil rekapitulasi semua kecamatan. PPK yang sudah selesai penghitungan suara, langsung diplenokan. Dari Kecamatan Wolomeze dan Riung diplenokan Jumat (17/4). Disusul kecamatan lain yang juga sudah selesai. Untuk PPK Golewa dan Bajawa diplenokan kemudian.

Menurut Ketua Panwaslu Kecamatan Golewa Yoseph Deru Tiwu, rekapitulasi perolehan suara pemilu legislatif di Kecamatan Golewa dimulai sejak Senin siang. Hingga Rabu (15/4) baru empat desa yang sudah direkapitulasi. Masih ada 17 desa yang belum. Kendalanya adalah banyak model C yang pada waktu dimasukan ke kota suara tertukar. Untuk mencari model C yang tertukar ini cukup memakan waktu.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar