17 April 2009

Penghasilan Obama Capai 2,65 Juta Dolar

WASHINGTON (ANTARA)
Presiden AS Barack Obama dan istrinya, Michelle, memperoleh penghasilan 2,65 juta dolar AS pada 2008, sebagian besar berasal dari royalti dua bukunya yang menjadi "best seller”,” kata Gedung Putih, Rabu.

Obama dan Wakil Presiden Joe Biden serta istrinya Jill, merilis pengembalian formulir pajak mereka pada 15 April, batas waktu untuk orang Amerika mengajukan dokumen pajak penghasilan 2008, demikian dikutip dari AFP.

Dalam pengembalian bersama formulir pajak mereka, presiden dan istrinya menyatakan memperoleh pendapatan kotor 2.656.902 dolar AS dan membayar 855.323 dolar AS pajak penghasilan federal, termasuk 77.883 dolar AS pajak penghasilan di negara bagian Illinois.

Gedung Putih mengatakan, Obama melaporkan sumbangan 172.050 dolar AS kepada 37 lembaga amal, ekuivalen terhadap sekitar 6,5 persen dari penghasilan kotor mereka.

Formulir pajak diajukan awal bulan ini dan ketika pekerjaan Obama sekarang sebagai "Presiden AS" dan "Ibu Negara AS."

Otobiografi Obama berjudul "Dreams from My Father" telah menghabiskan 142 pekan pada daftar buku best seller di harian New York Times, dan manifesto politiknya berjudul "The Audacity of Hope" telah bertengger dalam daftar yang sama selama 67 pekan.

Kedua buku tersebut juga mencatat sukses dalam penerbitan internasional, dengan penjualannya yang dipicu oleh sejarah Obama dan kampanyenya yang memenangkan Gedung Putih tahun lalu.

Obama melaporkan penghasilan 4,2 juta dolar AS pada pengembalian formulir pajak mereka pada 2007.

Sementara Bidens melaporkan penghasilan kotor pada 2008 sebesar 269.256 dolar AS, sebagian besar diperoleh wakil presiden ini dari gajinya sebagai seorang senator dari Delaware dan dari royalti buku miliknya.*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar