21 April 2009

Bupati Sosi Ajak Tokoh Agama Majukan Pembangunan

Oleh Wall Abulat


MAUMERE -- Bupati Sikka Sosimus Mitang mengajak tokoh agama memajukan pembangunan di wilayah itu. Peran tokoh agama sangat penting dalam memotivasi umat untuk menyukseskan pembangunan dan peningkatan ekonomi rumah tangga.

Ajakan Bupati Sosi ini disampaikan dalam sambutan usai misa penahbisan 18 diakon Seminari Tinggi Ritapiret di Aula Seminari Ritapiret, Minggu (19/4).

Fratres Ritapiret yang ditahbiskan jadi diakon: Aleksius Luna, Fransiskus Sare, Kristianus Soni Igar, Hironimus Jawa, Kornelis Hardin, Marselus Hasan, Petrus Eventinus Tengko, Heribertus Ratu, Benediktus Gaguk, Marianus Wilibaldus Guru, Davidson Epifanio L. Remi, Yulianus Petrus Baleng, Agustinus Hanny Wadhi, Albertus Ninung, Feliksianus S. Nara, Lukas Lile Masan, Antonius S. Aran, dan Hean Atasoge. Penahbisan dilakukan Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku.

Pada hari yang sama, Uskup Maumere Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira SVD menahbiskan 18 frater SVD dan 4 frater Karmel di Katedral Santo Yosef Maumere.

Fratres Societas Verbi Divini (SVD) yang ditahbiskan: Agustinus Supandi Joram, Antonius Padua Ebo Resi, Bonifasius Boli, Fransiskus Hungan, Gabriel do Rosari Muki, Hendrikus Berni Hardus, Ignatius K. Basa, Kampianus Tagul, Krispinus Bidi, Laurensius Lelo Bau, Manuel Pinto, Marius Yasintus T. Bere, Simon Petrus Koten, Stefanus Dampur, Vitus Kango, Yohanes Rere Jawan, Yoakim Leu, dan Arifintus Ninmusu.
Sedangkan 4 fratres Karmel: Paskalis Patut O.Carm, Konradus Bata Laki O.Carm, Severinus Nuwa O.Carm, dan Yanto Yohanes Ndona O.Carm.

Bupati Sosi memberi apresiasi terhadap para tokoh agama dan pemimpin Seminari Tinggi di Flores/Lembata yang selama ini telah mendukung pelbagai program pemerintah, khususnya dalam upaya pengembangan iman umat, pencerahan hidup masyarakat, dan memotivasi umat untuk mendukung pelbagai program pemerintah.

Kepada para diakon, Bupati menyampaikan selamat berbahagia atas rahmat tahbisan yang diperoleh dan selamat mengabdi dan melayani umat sesuai tugas diakonat yang diterima.
Uskup Dominikus Saku, dalam amanat dan sambutannya usai tahbisan menggarisbawahi pentingnya upaya memajukan pendidikan. Uskup juga memberi apresiasi kepada lembaga pendidikan yang dijalankan seminari yang tidak saja mengembangkan kualitas pendidikan dan SDM, tetapi juga pelbagai pendidikan nilai, terutama nilai keabadian.
Praeses Ritapiret Romo Hubert Leteng Pr dalam sambutannya meminta para diakon untuk menjalankan tugas pengabdian dan pelayanan di keuskupan masing-masing.

Sedangkan Diakon Marianus Wilibaldus Guru, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, terutama lembaga Seminari Tinggi Ritapiret, STFK Ledalero, dan berbagai pihak.

Disaksikan Flores Pos, misa tahbisan di Ritapiret dan Gareja Katedral sangat khidmat. Misa di Ritapiret dimeriahkan koor gabungan para frater yang dipimpin Frater: Rudi Muga, Deni Nuwa, dan Hans Ze Owa.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar